LAPORAN IN HOUSE TRAINING

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN REVITALISASI MGMP DI SMP NEGERI 22 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Dasar Hukum

https://drive.google.com/file/d/1Li-HXNvzNw0_ef1sb5nAeL-qqQVxou4h/view

Upaya peningkatan mutu pendidikan terus dilakukan oleh berbagai pihak terkait. Semua menyadari bahwa mutu pendidikan akan dapat ditingkatkan jika ada keterkaitan secara sinergis antara unsur input, proses dan sarana pendukung. Khusus tentang proses, maka pembelajaranlah primadonanya. Dengan asumsi seperti ini maka upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pemberdayaan proses pembelajaran adalah sesuatu yang sangat urgen dan strategis untuk diperhatikan serta kualitas/profesionalisme gurulah aspek utamanya.

Sekolah dituntut peran yang besar dalam meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan melalui penyusunan kurikulum yang sesuai dengan potensi dan aspirasi masyarakat yang menjadi pendukung dan sekaligus sebagai stakeholder pendidikan dalam wilayah cakupan layanannya.

Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah saat ini mendapatkan tantangan yang luar biasa, selain permasalahan yang sudah ada, pandemi yang melanda seluruh dunia saat ini sangat berpengaruh terhadap berbagai sistem kehidupan manusia, tak terkecuali di bidang Pendidikan. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan yang mengatur tentang pola pelaksanaan pendidikan di masa pandemi corona virus diseases (covid-19).  Mendikbud melalui SE No. 4 Tahun 2020 mengatur tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Belum lama ini pemerintah juga mengeluarkan kebijakan melalui Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 1/Kb/2020, No. 516 Tahun 2020, No. HK.03.0 1 /Menkes I 363 I 2020; No. 440-842 Tahun 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021  di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

Tantangan dan hambatan adalah dua hal yang akan selalu beriringan dengan kekuatan dan kelebihan. Sistem pendidikan di masa kini memang menjadi tantangan tersendiri bagi guru sebagai Pendidik, yang harus bisa menyesuaikan dengan segala situasi dan kondisi yang ada, Pembelajaran Jarak Jauh menjadi sistem pembelajaran yang dianggap paling ideal di tengah pandemi global ini, oleh karena itu melalui in house training/IHT diharapkan adanya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh di SMPN 22 Bandung .  

Dasar Hukum

Yang menjadi acuan / landasan hukum pelaksanaan In-House Training Peningkatan Pembelajaran Jarak Jauh  di SMP Negeri 22 Bandung adalah sebagai berikut:

  1. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. 
  2. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.  
  3. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 
  4. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan .
  5. Permendikbud No. 24 Tahun  2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 
  6. Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 1/Kb/2020, No. 516 Tahun 2020, No. HK.03.0 1 /Menkes I 363 I 2020; No. 440-842 Tahun 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021  di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)
  • Maksud dan Tujuan

Maksud penyelenggaraan In-House Training ini adalah sebagai Penerapan Permendikbud no.20 sd 24 serta respon terhadap visi Bandung Juara khususnya pada aspek pembangunan karakter sumber daya manusia. Dengan tujuan :

  1. Melaksanakan prinsip Pengembangan Kurikulum
    1. Melaksanakan Prinsip Pelaksanaan Kurikulum
    1. Mengatur Beban Belajar
    1. Mengimplementasikan Kurikulum Bandung Masagi
    1. Menentukan Muatan Lokal dan  Kegiatan Pengembangan diri
    1. Mendorong peningkatan prestasi belajar siswa dalam mencapai target Kurikulum.
  • Manfaat

Setelah mengikuti kegiatan In –House Training ini, guru SMP Negeri 22 Kota Bandung, diharapkan akan mampu menyusun, melaksanakan, dan menggunakan hasil kegiatan belajar mengajarnya, yang pada akhirnya diharapkan pula terciptanya pembelajaran yang bermakna dan berkualitas sehingga mampu meningkatkan kompetensi untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 22 Bandung untuk terwujudnya Bandung Juara.

  • Sasaran

Yang menjadi sasaran dari pelaksanaan kegiatan ini adalah seluruh guru dan staf tata usaha SMP Negeri 22 Bandung berjumlah 55 orang.

  • Materi Kegiatan

Materi In-House Training terdiri dari:

  1. Materi Umum (10 % – 20 %)

Materi  umum ini bertujuan untuk memberikan dasar-dasar pengetahuan bagi pelaksanaan proses pembelajaran di kelas. Materi umum terdiri dari:

  1. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. 
  2. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.  
  3. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 
  4. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan .
  5. Permendikbud No. 24 Tahun  2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 
  6. Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 1/Kb/2020, No. 516 Tahun 2020, No. HK.03.0 1 /Menkes I 363 I 2020; No. 440-842 Tahun 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021  di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

2.   Materi Pokok (70 % – 90 %)

Materi pokok ini bertujuan untuk menyegarkan kembali penguasaan para guru baik yang bersifat pedagogik, penguasaan materi/bahan ajar dan penilaian/evaluasi pembelajaran. Materi ini mencakup:

  • Pengembangan/Pembuatan/Penyusuan Dokumen III;
  • Pembinaan  dan pengembangan materi pembelajaran;
  • Penyusunan/pengembangan alat evaluasi per kompetensi dasar;
  • Model-model pembelajaran jarak jauh;

3.   Materi Penunjang (5 % – 15 %)

Materi penunjang ini bertujuan untuk memberi wawasan tambahan bagi para guru SMP Negeri 22 Kota Bandung sehingga mereka bisa berimprovisasi secara bebas dalam upaya merencanakan, melaksanakan dan melaporkan inovasi pembelajaran yang dilakukan. Materi ini mencakup:

  • Media Pembelajaran
    • AKM
    • Revitalisasi MGMP
  • Kepanitiaan

Susunan Panitia IHT Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh di SMP Negeri 22 Bandung  tahun pelajaran  2021-2022 adalah sebagai berikut :

  1. Penanggung Jawab           : Drs. H. Kusmana, M.Pd.
  2. Pengarah                           : Mamah Sukmaliah, M.Pd.
  3. Ketua Panitia                     : Novi Nurhayati, M.Pd
  4. Sekretaris                          : Amalia Harumi Rakhmat, S.Pd.
  5. Bendahara                         : Kidir Purnomo, S.E.
  6. Sie Acara                          : 1). Ridwan Firdauzi, S.Pd.

  2). Nurul Fitri, S.Pd.

  • Penanggung jawab materi : 1) Muh. Wildhan Yanuar Ali, S.Pd.

                                             2) Irfah Nurtsani, S.Pd

                                             3) Kania Dewi, S.Pd.

  • Sie Humas/Administrasi   :  Yuly Rizky Amelia, S.E
  • Notulensi                    
  • Sie Akomodasi/Perlengkapan       : 1). Wachid Subara, S.Pd.

                                                        2). Johan Hidayat 

                                                        3) Arip Mulyadi

  1. Satgas Covid                                 : 1) Dr. Sutarman, M.M.

                                                        2) Agus Nurjaman

                                                        3) Pepen Yusuf

  1. Sie Konsumsi                                : Dra. Ani Sumarni
  2. Sie Dokumentasi                           : Salma Aulia Suhermiati, S.Pd.

Tugas Panitia

  1. Penanggung Jawab
    1. Memberikan bimbingan dan arahan tentang tata laksana IHT Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh  di SMP Negeri 22 Bandung Mengawasi jalannya kerja Panitia / Mekanisme kerja Panitia
  2. Memberikan pertanggungjawaban kepada Atasan
  • Pengarah
    • Memberikan pengarahan tentang tata laksana IHT Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh  di SMP Negeri 22 Bandung Mengawasi jalannya kerja Panitia / Mekanisme kerja Panitia
  • Ketua Panita
    • Bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan IHT Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh  di SMP Negeri 22 Bandung Membina dan memonitoring Kelompok Kerja  ( POKJA )
    • Bertanggung jawab atas jalannya penyelenggaraan IHT Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh  di SMP Negeri 22 Bandung.
    • Mengkoordinir dan mengorganisir seluruh kegiatan administrasi pelaksanaan IHT Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh  di SMP Negeri 22 Bandung
    • Membuat kebijakan dan keputusan untuk kelancaran pelaksanaan Workshop.
    • Menyelenggarakan rapat POKJA
    • Mempertanggungjawabkan semua hasil pelaksanaan IHT Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh  di SMP Negeri 22 Bandung
  • Sekretaris                   
    • Melaksanakan tugas dan kewajiban yang berhubungan dengan administrasi pelaksanaan IHT Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh  di SMP Negeri 22 Bandung seperti menyusun jadwal, daftar hadir, dan format-format lainnya.
  • Bendahara
    • Membuat proposal rencana biaya IHT Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh  di SMP Negeri 22 Bandung
    • Mengkoordinir dan mengelola anggaran yang tersedia untuk pelaksanaan biaya IHT Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh  di SMP Negeri 22 Bandung
    • Menyediakan alat-alat yang diperlukan untuk pelaksanaan IHT Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh  di SMP Negeri 22 Bandung
    • Menyusun format tanda terima honorarium panitia, Pemateri dan Peserta
    • Membuat pertanggung jawaban keuangan ( SPJ )
  • Anggota
    • Membantu sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi lainnya dalam kepanitiaan
    • Menyiapkan segala peralatan yang diperlukan untuk kelancaran IHT Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh  di SMP Negeri 22 Bandung.
  • Struktur Program Kegiatan
NO.MATA TATAR/WORKSHOPALOKASI WAKTUNARA SUMBER
AMateri Umum: Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 1/Kb/2020, No. 516 Tahun 2020, No. HK.03.0 1 /Menkes I 363 I 2020; No. 440-842 Tahun 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021  di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)   Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh8 JP (4 JP)                             (4 JP)   
BMateri Pokok: Penyusunan Dokumen III KTSP;Pengembangan Materi Pembelajaran Jarak jauh;16 JP (8 JP)   (8 JP)       
CMateri Penunjang: Pembuatan Media Pembelajaran Jarak JauhPembuatan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh8 JP (4 JP)   (4 JP)     
JUMLAH32 JP
  1. Hasil yang diharapkan

Setelah kegiatan in-house training ini berakhir, diharapkan semua peserta guru SMP Negeri 22 Kota Bandung- mampu:

  • Menguasai esensi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP);
  • Mengembangkan dan menyusun Dokumen III KTSP.
  • Merencanakan dan melaksanakan evaluasi/penilaian dengan baik, dan mampu menindaklanjuti hasil evaluasi dalam pembelajaran jarak jauh;
  • Tempat Penyelenggaraan

In-house training ini dilakukan di SMP Negeri 22 Bandung dengan tema: Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh  di SMP Negeri 22 Kota Bandung, yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2021.

  • Waktu

Waktu pelaksanaan In-house training ini adalah:

Hari                    : Kamis s/d Jum’at

Tanggal              : 12-14 Agustus 2021

Jam                     : 08.00 s.d. 15.30

Tempat               : SMP Negeri 22 Bandung

  • Jadwal Kegiatan
NOHARI/ TANGGALWAKTUMATERI KEGIATANNARASUMBERKETERANGAN
1Kamis, 12 agustus 202108.00-08.30PEMBUKAAN Laporan Ketua PanitiaSambutan Kepala SMPN 22 BandungSambutan kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung sekaligus membuka acara IHT  Panitia     Drs. H. Kusmana, M.Pd       Kadisdik Kota Bandung : Drs. H. Hikmat Ginanjar, M.Si    Mc. Ridwan F, S.Pd. Nurul Fitri, S.Pd  
  08.30-09.00Kebijakan Dinas Pendidikan Kota BandungKadisdik Kota Bandung: Drs. H. Hikmat Ginanjar, M.SiMc. Ridwan F, S.Pd. Nurul Fitri, S.Pd  
  09.00-10.00Pembelajaran dimasa PandemiPengawas Pembina Yuyun Juariah, M.PdMc. Ridwan F, S.Pd. Nurul Fitri, S.Pd  
  10.00-11.30Sesi 1 Strategi Pembelajaran Penilaian media Dimasa PandemiGuru SMPN 2 Cileunyi Gilang Asri Devianty,M.Pd, M.AMc. Ridwan F, S.Pd. Nurul Fitri, S.Pd  
  11.30-13.00ISOMA (Istirahat, Sholat, Makan)  
  13.00-15.00Sesi 2 Strategi pembelajaran dan penilaian dimasa pandemiGuru SMPN 2 Cileunyi Gilang Asri Devianty,M.Pd, M.AMc. Ridwan F, S.Pd. Nurul Fitri, S.Pd  
  15.00-15.30RTL Panitia dan Peserta
2Jumat, 13 Agustus 20210.8.00-09.30AKMJajang Hernawan, S.Pd. M,M.Pd.Mc. Ridwan F, S.Pd. Nurul Fitri, S.Pd  
  09.00-10.00Breakoutroom per MGMPSPanitia dan Ketua MGMPS 
  10.00-12.10Presentasi MGMPSKetua MGMPSNovi Nurhayati, M.Pd
  12.10-13.00ISOMA (Istirahat, Sholat, Makan)  
  13.00-15.00Review dokumen 1 Novi Nurhayati, M.Pd
  15.00-15.30RTL dan PenutupanDrs. H. Kusmana, M.Pd  Novi Nurhayati, M.Pd
 Sabtu , 14 Agustus 202108.00 – 15.30Penyusunan perangkat pembelajaran per MGMP dan Tugas MandiriKetua MGMP 

Keterangan:

Kelompok 1: Mata pelajaran PAI, Matematika, IPA, B Inggris, SBK, PJOK

Kelompok 2: Mata pelajaran IPS, B Sunda, PPKn, Prakarya, B Indonesia,

P E N U T U P

Dengan segala persiapan sampai pelaksanaan, Panitia telah berusaha dan berupaya semaksimal mungkin dalam menghimpun dan melaksanakan tugas-tugas kepanitiaan dalam Pelaksanaan kegiatan IHT- Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh. Kami menyadari bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini baik dari segi administrasi maupun pada saat pelaksanaan banyak kekurangan. Kami dengan hati yang terbuka menerima kritik dan saran-sarannya demi suksesnya pelaksanaan Workshop ke depannya.

Akhirnya kepada Allahlah kita semua memohon semoga Allah senantiasa melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya kepada kita sekalian. Aamin Ya Rabbal Alamin.

                                                                                                Bandung,  Agustus 2021

Evaluasi Kegiatan dan Rencana Tindak Lanjut

Kegiatan IHT tahun 2021 dilaksanakan berdasarkan evaluasi kegiatan tahun 2020. Sebagai salah satu tindak lanjut perbaikan dari evaluasi IHT tahun 2020, IHT tahun ini bergerak berdasarkan hasil angket 2020 yang disebar setelah kegiatan IHT berakhir. Berikut ini adalah hasil angket 2021 secara singkat yang meliputi:

  1. IHT online tahun 2021 berjalan baik menggunakan google meet.
  2. Disukai oleh peserta karena materi dan nara sumber sangat menyenangkan.
  3. Persiapan panitia masih kurang, karena situasi sedang PPKM
  4. Jadwal acara dibagikan.
    1. Evaluasi Kegiatan IHT tahun 2021
      1. Materi IHT tahun 2021 sesuai dengan kebutuhan guru menghadapi Pembelajarn Jarak Jauh
      2. Nara Sumber dari luar sangat mudah dimengerti dan menyenangkan bagi para peserta.
      3. Penggunaan flyer tidak terlaksana dikarnakan kendala teknis
      4. Jadwal acara dibagikan melalui WAG
      5. Survey evaluasi kegiatan IHT disajikan dalam bentuk Google Form
      6. Tagihan IHT dikumpulkan dalam bentuk file melalui Form
    2. Rencana Tindak Lanjut IHT 2022

IHT tahun 2022 akan dilaksanakan di awal KBM agar persiapan panitia lebih matang. Apabila di Tahun Pelajaran 2022 saat keadaan pandemic sudah membaik, sehingga kegiatan in syaa Allah akan diadakan secara offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *